Tuesday 12 September 2017

Tahukah Anda? Hidup Bujangan Itu Bahaya


“Sebagian besar penghuni neraka adalah orang-orang yang bujangan,”
Rencongmuda | Waktu muda itu sering diidentikkan masa-masa yang paling indah dan seru. Masa dimana jati diri sedang dicari. Pengalaman sedang digali. Dan mempersiapkan semuanya untuk masa depan. Tapi hidup membujang juga ada bahayanya!

Rasulullah SAW pernah mengingatkan hambanya bahwa :
“Orang meninggal di antara kalian yang berada dalam kehinaan adalah bujangan,”
Rasulullah juga mengatkan bahwa, “Sebagian besar penghuni neraka adalah orang-orang yang bujangan,”
Seorang laki-laki yang membujang harus menanggung beban syahwat yang sangat besar. Apalagi pada masa sekarang ini hampir segala hal dimanfaatkan gejolak syahwat untuk mencapai keinginan.
Shalat orang yang belum menikah memang sulit untuk mendapatkan kekhusyukan, apalagi memberi bekas dalam akhlaknya sehari-hari. Rasulullah Muhammad Saw. menyatakan, “Shalat dua rakaat yang didirikan oleh orang yang menikah lebih baik daripada shalat malam dan berpuasa pada siang harinya yang dilakukan oleh seorang lelaki bujangan.”

Dalam sebuah hadist yang dikisahkan Abu Dzar, Rasulullah menegaskan :


“Orang yang paling buruk diantara kaian ialah yang melajang (membujang), dan seburuk-buruk mayat (diantara) kalian ialah yang melajang (membujang),” [HR Imam Ahmad dalam Musnadnya, diriwayatkan juga oleh Abu Ya’la dari Athiyyah bin Yasar. Hadis ini dha’if, begitu ‘Abdul Hakim ‘Abdats menjelaskan]


Dalam sebuah hadis yang berasal dari Abu Dzar r.a., Rasulullah Saw. menegaskan:
“Orang yang paling buruk di antara kalian ialah yang melajang (membujang), dan seburuk-buruk mayat (di antara) kalian ialah yang melajang (membujang)” . (HR Imam Ahmad dalam Musnadnya, diriwayatkan juga oleh Abu Ya’la dari Athiyyah bin Yasar. Hadis ini dha’if, begitu ‘Abdul Hakim ‘Abdats menjelaskan).
Semoga Allah ‘Azza wa Jalla melindungi kita dari kematian dalam keadaan membujang, sementara niat yang sungguh-sungguh untuk segera melangsungkan pernikahan, belum tumbuh. Semoga Allah Swt. menolong mereka yang telah mempunyai niat.

Sumber : Islampos
Previous Post
Next Post

0 komentar: