Thursday 7 September 2017

Apakah Shalat Kita Batal Jika Mematikan HP yang berbunyi Ketika Shalat?



Rencongmuda | Kita dalam melaksanakan perintah Allah seperti Shalat harus dilakukan dengan ketenangan dan Kekhusyukan. Segala gangguan yang kiranya menggangu shalat kita hendaknya di antisipasi terlebih dahulu.

Contoh gangguannya dari dalam seperti kita menahan BAB, menahan angin, atau pikiran-pikiran yang tidak perlu untuk dipikirkan. Sedangkan gangguan dari luar seperti, suara-suara kebisingan yang mengganggu.

Banyak kita temui, bahwa masyarakat yang melaksanakan shalat berjamaah di mesjid ada yang lupa untuk mengsilentkan handphone mereka. Suara-suara aneh pun terdengar dari ringtone Hp para jamaah, ada yang berbunyi kodok, jangkrik, bayi ketawa, ataupun lagu pop yang menjadi ringtone. Salah seorang tidak mematikan hp tersebut akan mengganggu kekusyukan jamaah lain.

Berdasarkan hadist Rasulullah SAW, “ Bahwa Rasululah pernah shalat sambil mengendong Umamah binti Zainab, ketika beliau akan sujud,  Umamah diletakkan, dan ketika Beliau akan berdiri, maka Beliau menggendong kembali,” [HR Bukhari]


Jika bergerak atau melakukan sesuatu yang tidak berlebihan, misalnya sekedar untuk mematikan hp, maka lakukanlah. Hal itu tidak membatalkan shalat , coba bayangkan saja jika hp kita terus berbunyi dan tidak kita matikan, itu akan menggangu banyak jamaah yang sedang shalat. Tentu kekhusyukan itu akan hilang sirna. 
Previous Post
Next Post

0 komentar: